Sebagai umat Islam memang sebaiknya kita menjalankan syariat Islam secara kaffah dengan menerapkannya pada seluruh sendi-sendi kehidupan kita, salah satunya berkaitan dengan keuangan dan ekonomi. Selain mengandalkan penghasilan bulanan untuk memenuhi kebutuhan hidup, sedini mungkin memang kita disarankan untuk berinvestasi demi melipatgandakan asset dan mendapatkan kesejahteraan hidup di masa depan nanti, termasuk bagi keluarga kita. Berikut ini adalah berbagai hal tentang cara investasi yang menerapkan system islami  untuk menambah wawasan Anda.

Mengenal prinsip investasi syariah

Sebagai calon investor, sebelum menanamkan modal Anda pada sebuah investasi incaran Anda pahamilah terlebih dahulu apa yang dimaksud prinsip investasi syariah agar dapat memilih jenis penanaman modal yang paling sesuai. Ada 5 prinsip yang harus Anda ketahui tentang system investasi syariah.

Halal
Lembaga yang berwenang untuk mengelola modal dari investor atau menjalankan investasi seharusnya taat pada nilai-nilai hukum Islam. Hal ini dibuktikan dengan menjauhi hal-hal yang berhubungan dengan hal-hal yang diharamkan dan haram baik dari segi transaksinya atau barang serta layanan yang disediakan. Ini misalnya dana milik investor dilarang diputar pada bisnis yang berkaitan dengan kemaksiatan seperti industry alcohol, perjudian, dan sejenisnya.

Manfaat
Investasi syariah seharusnya juga mempunyai manfaat untuk kedua belah pihak, baik penanam modal atau investor dengan lembaga jasa pengelolaan dana investor. Manfaat dimaksud berupa bagi hasil keuntungan dari bisnis yang dijalankan oleh penyedia jasa pengelolaan modal.

Transparansi serta menjauhi riba
Investasi yang dijalankan harus bersifat transparan sehingga investor berhak mendapatkan data laporan yang sebenarnya. Investasi tersebut seharusnya juga tak mengandung ketidakjelasan atau perkara yang samar dan unsur penipuan. Investasi syariah juga tak diperbolehkan menjalankan system yang mendatangkan keuntungan dari bunga, misalnya pinjaman dana dengan memberi imbal balik berupa bunga  pinjaman setelah jangka waktu tertentu.

Adil
Terkait pembagian keuntungan, investasi syariah seharusnya bersikap adil kepada kedua belah pihak tanpa ada satu pihak yang lebih dirugikan atau diuntungkan.

Referensi bisnis investasi online modal kecil

cara investasi
Cara Investasi

Anda berencana untuk menanamkan modal pada investasi syariah online? Ini adalah keputusan yang smart mengingat saat ini era digital semakin merajalela. Kondisi tersebut sebaiknya memang dimanfaatkan dengan baik untuk mendapatkan keuntungan. Jadi jangan hanya gunakan internet untuk sekedar main game, media social, atau aktivitas kurang produktif lainnya. Sebaliknya, optimalkan untuk menjadi sumber penghasilan kedua untuk meningkatkan kualitas keuangan keluarga dan demi masa depan yang sejahtera. Berikut adalah beberapa referensinya untuk Anda.

Saham syariah online
Investasi saham semakin terbuka bagi masyarakat awam, dan bukan lagi monopoli investor kelas kakap. Saat ini bahkan sudah tersedia versi investasi saham syariah yang cocok bagi para pemeluk agama Islam. Prosedur menjalankan investasi ini  tidak berbeda dengan investasi saham konvensional, Anda juga bisa mendaftar dan memulai aktivitas Anda pada pasar saham secara online dengan modal terjangkau.

Sebelum memutuskan untuk bergabung menjadi mitra suatu perusahaan sekuritas, pilihlah dengan cermat perusahaan yang terpercaya, professional, dan aman sehingga memperbesar peluang untuk mendapatkan keuntungan. Setelah itu tentukan apakah Anda berniat berinvestasi untuk jangka pendek atau jangka panjang.

Reksadana syariah online
Tak hanya saham, Anda juga bisa terjun dalam investasi reksadana syariah online. Dunia digital akan semakin memudahkan Anda untuk melakukan investasi secara praktis dan nyaman. Selain itu investasi ini juga tidak mengharuskan Anda untuk mempunyai modal yang besar. Saat ini peluang untuk berinvestasi reksadana syariah semakin terbuka, contohnya melalui perusahaan IPOT Syariah, pionir dalam investasi syariah online.

Crowdfounding property
Anda mungkin masih asing dengan istilah di atas, namun yang jelas model investasi tersebut dapat menjadi pilihan untuk Anda yang ingin menanamkan modal dalam bidang property namun tidak memiliki dana yang mencukupi. Model investasi ini artinya membeli property secara patungan dengan yang pengelolaan dananya dilakukan oleh suatu perusahaan penghimpun dana yang disebut creator. Dengan demikian sebuah property tak hanya dimiliki oleh satu orang investor saja namun kepemilikan kolektif. Inilah alternatif investasi syariah online modal kecilbagi masyarakat modern.

Dengan model investasi ini Anda tak perlu menyediakan dana yang sangat besar, bahkan cukup dengan jumlah minimalnya saja yaitu senilai 1% dari keseluruhan nilai property. System kerja investasi ini adalah investor menyerahkan dana sesuai jumlah yang diminta perusahaan untuk mendapatkan saham pada proyek property terntentu. Himpunan dana tersebut kemudian digunakan membeli property pada proyek pilihan investor. Setelah diendapkan selama 12 bulan hingga 24 bulan dana sekaligus keuntungan investor akan dikembalikan. Keuntungan tersebut diperoleh dari hasil penjualan property yang tentunya sudah meningkat selama jangka waktu tertentu.

Keuntungan dari investasi ini mencapai mulai 10% sampai 12% untuk setiap unitnya dan Anda bisa memilih tidak hanya terlibat pada sebuah proyek saja, namun berinvestasi pada beberapa property.

Nah, semoga informasi tentang cara investasi syariah online dengan modal kecil ini bermanfaat bagi Anda.