Dibandingkan menabung berinvestasi adalah cara yang paling direkomendasikan untuk tak hanya menyimpan kekayaan tapi juga melipatgandakannya. Investasi juga merupakan cara yang paling tepat  untuk menjamin masa depan Anda dimana usia membuat Anda tak lagi dapat produktif bekerja. Apalagi saat ini sudah semakin banyak tersedia produk investasi menguntungkan yang bisa menjadi alternatif untuk menanamkan dana Anda. Tak sekedar menguntungkan Anda pun bisa memilih produk investasi syariah yang menerapkan prinsip islami.

Investasi menguntungkan sekaligus syar’i

Mengenai investasi untuk memanfaatkan dana yang berlebih agama Islam mempunyai sudut pandang yang berbeda. Secara umum yang dimaksud investasi syariah adalah upaya untuk mendatangkan profit untuk orang yang menanamkan dananya secara berkah atau pada aktivitas-aktivitas yang diridhoi Allah SWT. Prinsip hukum investasi syariah sama sekali tidak memberi beban pelaku walaupun dengan bunga yang kecil. Berikut ini adalah manfaat dari investasi yang dijalankan dengan prinsip-prinsip syariah:

Mendapatkan keuntungan
Tidak jauh berbeda dari investasi konvensional, tujuan dari penanaman modal tentu saja untuk mendapatkan imbal balik berupa keuntungan dari aktivitas bisnis yang dijalankan. Keuntungan tersebut nantinya akan dibagi secara adil sesuai kesepakatan sehingga dikatakan sebagai bagi hasil.

Jaminan kehalalan
Investor muslim selayaknya memegang teguh nilai-nilai kehalalan sebagaimana hukum Islam. Prinsip-prinsip syariah ini tentu saja sama sekali tidak bersentuhan dengan riba pada system keuangannya.

Terbuka/transparan
Investasi syariah sama sekali tak mengandung unsur kebohongan, penipuan, atau ketidakjelasan sekecil apa pun baik dalam system transaksi atau aktivitas bisnis yang dijalankan.

Investasi secara syariah baru akan dianggap sah bila kedua belah pihak telah menjalani rukun atau akad. Berikut ini adalah beberapa point tentang akad investasi yang perlu Anda ketahui.

Pihak yang melakukan investasi (investor)
Point yang pertama tentu saja adalah adanya investor atau pelaku investasi yang berperan sebagai penanam modal dan pihak kedua adalah lembaga yang menyediakan layanan pengelolaan modal. Kedua belah pihak seharusnya tidak salam keadaan mempunyai hutang atau pailit.

Investasi syariah tidak melarang salah satu pelaku beragama non muslim, asalkan dalam pengelolaan dana harus tetap dalam monitoring pihak yang beragama Islam untuk memastikan sama sekali tidak bersentuhan dengan riba dalam transaksinya.

Akad
Bila  kedua belah pihak sudah siap, point berikutnya adalah menjalankan akad perjanjian untuk mengikat kedua belah pihak. Akad atau perjanjian adalah awal dari kerja sama dari kedua belah pihak. Perjanjian ini harus dilakukan oleh kedua pihak dalam kondisi sadar serta tak boleh ada paksaan baik dari salah satu pihak atau pihak ketiga.

investasi menguntungkan
investasi menguntungkan

Obyek transaksi
Obyek transaksi di sini maksudnya adalah keuntungan, usaha, dan dana. Dana sebagai modal usaha wajib berupa alat tukar yang legal dan tidak diperbolehkan menggunakan barang dengan nilai yang tidak tetap. 
Investasi syariah indonesia semakin banyak diminati dan hal ini tentu tak mengherankan mengingat  mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam. Sebagai referensi Anda investasi dalam bidang property dapat menjadi pilihan demi masa depan yang lebih sejahtera dan terbebas dari masalah keuangan.

Property crowdfounding
Investasi dalam bidang property memang selalu direkomendasikan karena nilainya yang selalu meningkat seiring berjalannya waktu. Meskipun demikian masih banyak yang enggan terjun dalam investasi ini karena membutuhkan dana yang besar. Nah, masalah tersebut sekarang dapat diatasi dengan skema crowdfounding atau membeli property secara patungan. Fasilitas ini juga sudah banyak disediakan oleh platform-platform digital sehingga termasuk dalam kategori financial technology.

Di sini Anda tidak membeli suatu property namun prosentase kepemilikannya sebagaimana pemegang saham perusahaan. Return yang  Anda dan investor lainnya dapatkan berasal dari tarif sewa bulanan property tersebut atau penjualannya. Cara kerja investasi ini cukup mudah, Anda tinggal mengakses website perusahaan penghimpung dan pengelola dana untuk membeli property dan memilih property yang diinginkan. Transfer dana modal Anda dan tunggu investor-investor lainnya hingga dana yang dibutuhkan terkumpul.

Setelah itu perusahaan akan membeli property tersebut dan mengurus semuanya mulai dari perizinan, manajemen, dan lain-lain. Jadi Anda tinggal menunggu imbal hasil yang dijanjikan pada jangka waktu yang disepakati. Terkait peluang investasi syariah di indonesiapatungan property ini pemerintah atau OJK tengah menggodok berbagai aturan untuk melindungi konsumen.

Kontrak Investasi Kolektif Dana Beragun Aset (KIK EBA)

Investasi property yang satu ini gambarannya sama dengan obligasi, namun investor tidak membeli surat hutang tetapi KPR dari bank atau surat berharga berupa kredit kepemilikan rumah. Invenstasi ini di tanah air termasuk aman mengingat proses pengajuan KPR yang demikian ketat  untuk menghindari kredit macet. Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap pada BTN atau BTN Syariah sebagai bank penerbit KIK-EBA.

BTN di sini menjual piutang KPR kepada pemilik modal melalui manajemen investasi sehingga bank mendapatkan pendanaan dalam waktu singkat tanpa perlu menunggu dana cicilan nasabah per bulan. Investor akan mendapatkan imbal hasil dari kupon atau bunga hutang yang akan dibagikan per 3 bulan atau dari selisih harga penjualan serta pembelian sebelum jatuh tempo dari kepemilikan KIK-EBA.

Selamat mencoba investasi menguntungkan yang paling cocok untuk Anda.