Bagi kita pemeluk agama Islam yang berniat untuk berinvestasi tapi khawatir akan terkait dengan riba saat ini dapat memilih model investasi syariah yang semakin banyak disediakan oleh lembaga pengelola investasi dan permodalan. Investasi seharusnya tidak menjadi monopoli mereka yang mempunyai penghasilan besar saja, tapi juga menjadi alternatif untuk semua masyarakat dalam menyimpan asetnya. Investasi juga bertujuan untuk mendapatkan imbal hasil dari perputaran dana untuk kondisi financial yang lebih baik di masa depan.

Konsep investasi syariah
Dapat dipahami bagi para muslim yang kerap merasa ragu untuk melakukan investasi mengingat adanya keharaman yang berkaitan dengan riba. Tapi sekarang Anda tak perlu khawatir lagi karena sudah tersedia alternatif investasi yang halal dan sesuai dengan syariat Islam namun tetap memberi profit yang berlipat. Untuk  meningkatkan wawasan Anda berikut ini adalah beberapa point penting dalam investasi berkonsep syariah dengan mengambil contoh bank syariah.

Tak terkait dengan riba
Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya investasi yang menerapkan nilai-nilai Islami ini bebas dari riba. Yang dimaksud riba dalam hal ini adalah berkaitan dengan bunga yang secara sepihak ditetapkan oleh bank bagi para nasabahnya. Sementara pada bank syariah system yang diterapkan adalah nisbah atau bagi hasil. Dengan demikian besarnya profit yang diperoleh tidak selalu sama tapi umumnya keuntungan dari bagi hasil ini lebih besar dibandingkan bunga bank.

Bebas dari gharar
Gharar pada perbankan artinya adalah menerapkan system yang tidak transparan kepada nasabah untuk seluruh transaksi yang dilakukan. Sementara bank syariah sebaliknya justru memberlakukan system yang terbuka terkait perputaran dan penyaluran dana investasi. Jadi seluruh alur penanaman modal adalah atas sepengetahuan nasabah.

Bebas dari maysir
System syariah akan membebaskan nasabah dari spekulasi karena sejak awal bank telah menerngkan tentang harga kepada nasabah sehingga tak perlu ada spekulasi tentang harga yang wajib dibayar. Tujuan dari hal ini adalah untuk mengantisipasi munculnya peluang untuk melakukan praktek penipuan bagi oknum-oknum yang ingin mengambil keuntungan secara gelap.

Manajemen keuangan Islami
Seluruh proses yang terkait keuangan pada bank syariah akan berpedoman pada syariat Islam sehingga Anda bisa merasa aman sekaligus lebih tentram menyimpan dana pada bank syariah. Manfaat lainnya adalah hasil investasi umumnya lebih besar dibandingkan bunga bank konvensional.

Mengenal investasi online syariah

Bagi Anda yang berniat untuk memulai investasi secara syariah, berikut ini adalah beberapa alternatif model investasi yang bisa menjadi pilihan.

investasi syariah
investasi syariah

Property
Yang dimaksud investasi property di sini tentu saja bukan model investasi konvensional dimana Anda harus membeli rumah, tanah, atau bangunan lainnya untuk dijual kembali setelah jangka waktu tertentu atau disewakan. Tentu biayanya akan besar sekali untuk model investasi demikian. Meskipun demikian Anda bisa tetap berinvestasi dalam property dengan skema pengumpulan dana kolektif atau crowdfounding.

Investasi ini bahkan dapat dilakukan secara praktis  dengan aplikasi mobile yang disediakan oleh creator atau perusahaan penghimpun dan pengelola dana. Keuntungan yang diperoleh pun cukup kompetitif dibandingkan produk investasi lainnya, yaitu mencapai 12% per tahun yang setiap 6 bulan akan diberikan kepada investor. Setiap tahunnya Anda juga berkesempatan untuk memperoleh total profit hingga 50% namun ini bergantung pada peningkatan nilai jual property yang dibeli bersama.

Demi keamanan sebaiknya pilih creator dengan latar belakang dan rekam jejak terbaik, misalnya hanya memilih proyek property yang dilaksanakan oleh BUMN demi kepastikan penyelesaian pembangunan. Tak dapat disangkal walaupun belum terlalu dikenal namun skema investasi ini bisa sangat menjangkau investor-investor dengan dana terbatas.

Deposito
Produk deposito secara bagi hasil ini banyak disediakan oleh bank-bank syariah. Anda tinggal menanamkan modal pada bank syariah sesuai dengan jumlah yang ditentukan. Investasi ini tidak memberikan Anda hasil yang pasti karena akan menyesuaikan dengan hasil investasi. Dana deposito tersebut dapat diambil sesuai ketentuan jangka waktu yang Anda setujui, misalnya dengan periode 5 hingga 10 tahun.

dijelaskan bahwa dana Anda dikelola secara produktif oleh bank untuk menghasilkan keuntungan bagi investor tanpa melalaikan prinsip sesuai syariat Islam. Keuntungan yang diperoleh investor adalah sesuai kesepakatan bagi hasil. Model investasi demikian ini dapat dilakukan secara online yang praktis.

Reksadana
Yang dimaksud reksadana adalah himpunan modal milik masyarakat yang dikelola oleh manajer investasi untuk diputar pada sekuritas, misalnya saham, obligasi, dan lain-lain. Reksadana syariah secara teknis menggunakan system pengelolaan dana investasi sebagai permodalan perusahaan tentu saja yang operasi bisnisnya sesuai prinsip islami. Investasi ini akan mengelola modal Anda secara terbuka sehingga pemilik dana akan mendapatkan informasi sedetail munggkin tentang dana terkait. Investasi ini juga dapat diakses secara online dan dapat dilakukan dengan mudah.


Asuransi syariah
Rekomendasi investasi online syariah terpercaya berikutnya adalah asuransi syariah dimana dana premis adalah hak pemilik asuransi dan bukan menjadi milik perusahaan. Tak hanya halal, system asuransi syariah ini juga akan mendatangkan keuntungan bagi Anda.

Nah, semoga informasi tentang investasi syariah ini berguna bagi Anda.